Bahaya Tidur Mendengkur dan Solusi Mengatasi Ngorok

doctor-06

Mendengkur memanglah hal yang menyebalkan dan bahkan memalukan. Mendengkur dapat menyebabkan berbagai gangguan dari segi medis maupun psikologis.

Untuk lebih terperincinya, simak bahaya tidur mendengkur berikut ini.

 Tekanan Darah Tinggi

Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa mendengkur (sleep apnea) dapat memicu kenaikan tensi darah atau hipertensi. Semakin sering orang tersebut mendengkur maka semakin besar pula kemungkinan orang tersebut terserang hipertensi. Bahaya tidur mendengkur ini sering dikaitkan dengan kinerja jantung yang lebih berat ketika mendengkur sehingga berimbas pada melonjaknya tekanan darah.

  1. Stroke

Bahaya tidur mendengkur yang tak boleh diabaikan adalah penyakit stroke. Orang yang mengalami kecenderungan tidur mendengkur umumnya memiliki darah yang lebih kental. Akibatnya, darah akan lebih mudah membeku atau menyumbat pembuluh darah sehingga kemungkinan stroke menjadi lebih tinggi. Jika sumbatan ini terletak pada otak maka bisa saja orang tersebut mengalami kelumpuhan yang permanen.

  1. Penyakit Jantung

Bahaya tidur mendengkur yang satu ini memang sangatlah fatal dan bahkan tak banyak diketahui. Saat tidur mendengkur jantung akan mengalami denyutan yang sangat tak stabil. Jika dibiarkan terus-menerus, jantung akan mengalami ketidakstabilan fungsi sehingga memicu penyakit jantung coroner dan kongestif.

  1. Mengalami Depresi

Bahaya tidur mendengkur tak hanya berkaitan dengan masalah kesehatan saja, melainkan juga dapat dirasakan dari segi psikologis. Orang yang tidur mendengkur biasanya mengalami tekanan dari orang di sekitarnya, baik dalam bentuk kemarahan, dibangunkan paksa saat tidur atau sindiran. Oleh karena itu, tidur mendengkur juga dapat menimbulkan depresi pada penderitanya.

  1. Kerusakan pada otak

Ketika orang mengalami gangguan tidur karena mendengkur, otak tak dapat diistirahatkan layaknya ketika tidur tanpa gangguan. Selain itu, saat mendengkur nafas akan terasa tersengal sehingga pasokan oksigen ke otak akan terganggu. Jika hal seperti ini dibiarkan berkelanjutan, bahaya tidur mendengkur dapat berujung kerusakan otak permanen pada bagian kontrol ingatan (menyebabkan pikun), emosi dan tekanan darah.

  1. Diabetes

Bahaya tidur mendengkur yang jarang disadari adalah diabetes type 2. Hal ini dikarenakan mendengkur berpengaruh pada metabolisme tubuh sehingga gula darah tak dapat segera diubah menjadi gula otot. Jika dibiarkan terlalu lama, gula darah yang menumpuk akan menimbulkan diabetes akut dan bahkan berujung pada kematian.

Bahaya tidur mendengkur seperti yang dipaparkan diatas memang sangat banyak, akan tetapi bukan berarti mendengkur tak membawa manfaat sama sekali bagi tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh universitas California, Amerika tidur dengan dengkuran justru mampu membakar kalori lebih banyak.

Cara Mengatasi Ngorok Saat tidur
solusi dengkur-SDMagneticsSetelah mengetahui beberapa Bahaya dan dampak penyakit yang di sebabkan oleh tidur mendengkur diatas, kita harus mengatasi nya dengan cara salah satunya alat bantu penghilang dengkur SD-Magnetics

Apa itu dan bagaimana bentuknya sd-Magnetics anda bisa langsung membacanya klik disini